Cara Mencegah Berat Badan Naik Saat Lebaran

Peningkatan berat badan jadi satu antara hal yang sering ditakuti oleh beberapa orang dalam serangkaian perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Masalahnya banyak hidangan minuman dan makanan yang dapat memacu peningkatan berat badan secara berarti dan itu kenapa, perlu Anda cermati selanjutnya.

Umumnya minuman dan makanan yang dihidangkan saat Lebaran memiliki kandungan banyak kalori dan gula, seperti opor, sambel ati, bermacam kue kering, dan minuman sirup.

Untuk Anda yang 'bermasalah' dengan berat badan, perlu ketahui pemicu kenapa berat badan Anda naik sepanjang liburan Lebaran. Dengan demikian, Anda dapat mencegah atau menanganinya.

Ada banyak cara yang dapat Anda kerjakan supaya berat badan tidak naik terlampau berarti dan membuat diri kita tidak nyaman.

Tidak cukup dengan mengatur minuman dan makanan yang dimakan, Anda pun perlu beraktivitas fisik dengan teratur.

Penyebab Berat Badan Naik saat Lebaran

Penyebab Berat Badan Naik saat Lebaran

Konsumsi Makanan yang Tinggi Kalori

Menu hidangan Lebaran biasanya tinggi kandungan kalori, seumpama ketupat dan pengiringnya seperti opor ayam, gulai ayam, rendang, dan lain-lain. Makanan ini umumnya diproses dengan santan yang tinggi kalori dan lemak.

Bila dalam kurun waktu sehari keperluan kalori yang diperlukan badan sekitaran 2000 kalori,jumlah itu dapat Anda peroleh cuma pada sebuah jatah hidangan lebaran itu. Berikut pemicu berat badan naik saat Lebaran.

Konsumsi Makanan yang Tinggi Gula

Selainnya makanan besar yang tinggi kalori, hidangan lebaran tidak terlepas dari kue kering dan minuman manis. Ke-2 tipe makanan lebaran ini memiliki kandungan gula yang tinggi.

Gabungan ke-2 nya pasti membuat jumlah konsumsi gula pada tubuh Anda semakin bertambah. Perihal ini pula sebagai pemicu berat badan naik saat Lebaran. Bahkan juga, berlebihan konsumsi ke-2 nya bisa tingkatkan resiko kegemukan dan penyakit diabetes.

Kurang Konsumsi Serat

Salah satu pemicu berat badan naik saat lebaran selanjutnya ialah kurang konsumsi serat. Konsumsi serat dari buah dan sayur yang dibagi saat puasa, lalu bersambung sampai Lebaran, dapat menyebabkan pencernaan tidak berjalan mulus.

Keadaan ini bisa tingkatkan berlangsungnya penimbunan lemak, yang mengakibatkan berat badan naik.

Kurang Lakukan Kegiatan Fisik

Olahraga kerap kali diacuhkan saat Lebaran. Ini karena beberapa orang berasumsi jika lebaran ialah waktunya untuk santai di dalam rumah, duduk sekalian makan hidangan Lebaran dan beragam cemilan.

Tetapi, ini membuat badan Anda alami tambahan kalori. Jumlah kalori yang masuk semakin lebih banyak dibanding yang dibakar. Kelebihan kalori itu akan menimbun pada tubuh, jadi lemak dan membuat berat badan semakin bertambah.

Cara Mencegah Berat Badan Naik saat Lebaran


Cara Mencegah Berat Badan Naik saat Lebaran

1. Makan Sedikit Tetapi Sering

Jika Anda susah mengontrol selera makan yang terlalu berlebih, Anda masih tetap dapat mengaplikasikan cara mencegah berat badan naik saat Lebaran dengan mengganti taktik skema makan. Anda dapat makan 3x satu hari dalam jatah biasa. Selanjutnya ada waktu ngemil antara jam-jam makan besar.

Coba untuk membagikan 3x jatah makan itu jadi 5-6 kali makan dengan jatah yang lebih kecil. Makan dalam jumlah yang sedikit, tapi kerap bisa menolong Anda untuk mengontrol selera makan hingga Anda tidak tertarik untuk ngemil.

Disamping itu, skema makan itu bisa mengkondisikan lambung jadi berasa cukup hanya jatah makan yang sedikit.

2. Kurangi Konsumsi Makanan Manis dan Berlemak

Cara selanjutnya untuk mencegah berat badan naik saat Lebaran, dengan kurangi mengonsumsi makanan manis dan berlemak. Makanan banyak mengandung lemak dan minuman dan makanan manis sebagai satu antara penyumbang kalori khusus.

Tipe makanan itu sebagai sumber beragam penyakit, seperti diabetes, cholesterol tinggi, hipertensi, stroke, dan penyakit jantung.

Karenanya, sedapat mungkin untuk kurangi makanan yang dimasak, daging berlemak, makanan laut (terkecuali ikan), telur puyuh, aneka kue, keripik, dan minuman paket yang dikasih tambahan gula.

3. Memperbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Beberapa cara mencegah berat badan naik saat Lebaran di atas membicarakan mengenai limitasi mengonsumsi makanan tertentu, tapi khusus buah dan sayur konsumsinya harus ditambahkan.

Selainnya bagus untuk pencernaan, buah dan sayur bisa membuat Anda kenyang semakin lama. Ini membuat Anda tidak tertarik untuk ngemil atau makan dalam jatah yang banyak.

4. Tidur Cukup

Kekurangan tidur menjadi pemicu peningkatan berat badan saat Lebaran. Ini karena orang yang kekurangan tidur condong konsumsi semakin banyak kalori dan kurang kegiatan fisik hingga penting untuk Anda untuk selalu memperoleh tidur yang memadai sepanjang liburan Lebaran.

Kekurangan tidur dapat mengakibatkan depresi, yang selanjutnya menyebabkan berat badan naik. Seharusnya, kerjakan hal membahagiakan untuk menghindar depresi saat hari liburan. Ada beberapa hal yang dapat Anda kerjakan untuk kurangi depresi, satu salah satunya olahraga.

5. Olahraga Secara Teratur

Kerjakan olahraga dengan teratur. Mempunyai rutinitas baik ini bisa tingkatkan pengeluaran kalori, jadikan badan segar, dan turunkan resiko berlangsungnya beragam penyakit.

Lakukan olahraga, seperti jogging, naik sepeda, berenang, dan sebagainya dengan teratur saat Lebaran bisa jaga berat badan masih tetap konstan. Hal ini menghindari Anda dari beragam jenis permasalahan kesehatan.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url