Cara Membeli & Memesan Barang Online Melalui Chat WA

Belanja online sekarang ini menjadi hal yang wajar dilaksanakan oleh orang. Bahkan juga beli suatu hal lewat cara online bisa saja suatu alternatif pilihan khusus dibanding berbelanja secara konvensional. Pesan barang di toko online memang gampang dan ringkas dan irit tenaga dan waktu. Perihal ini pula yang membuat beberapa orang lebih suka berbelanja online karena instant. Tetapi rupanya masih ada orang yang belum mengetahui langkah beli dan pesan barang online melalui chat WA (WhatsApp).

Ada beberapa media yang dapat menolong kita dalam belanja online entahlah itu lewat tempat jual-beli sah seperti marketplace (Shopee, Bukalapak, Lazada, Tokopedia, Blibli) atau lewat penjual online di sosial media Facebook atau Instagram. Pesan dan beli barang melalui chat WA umumnya harus kamu kerjakan saat akan belanja ke penjual di medsos. Karena transaksi bisnis dilaksanakan langsung, oleh karena itu penjual dan konsumen membutuhkan media komunikasi satu diantaranya WA atau WhatsApp.

Cara Membeli & Memesan Barang Online Melalui Chat WA

Langkah Beli dan Pesan Barang Online Melalui Chat WA

Langkah untuk beli dan pesan barang online melalui chat WA benar-benar gampang dilaksanakan oleh mereka yang seringkali. Tetapi untuk mayoritas orang yang belum pernah belanja online tentu rasanya akan berlainan. Kadang orang yang seperti justru salah pengertian dengan penjual online saat komunikasi yang membuat transaksi bisnis tidak berhasil. Oleh karena itu, kamu yang jarang-jarang berbelanja online harus belajar dan berlatih komunikasi dengan pedagang online.

Bagaimana Langkah Beli dan Pesan Barang Online Melalui Chat WA?

Untuk kamu yang belum pernah belanja online hingga merasa kesusahan saat akan beli dan pesan barang online melalui chat WA, kesempatan ini Yogapila akan menulisnya secara runtut untuk kamu. Sebetulnya lakukan transaksi bisnis secara direct dengan penjual itu gampang asalkan menjalin komunikasi secara baik. Berikut adalah tata langkah untuk belanja online melalui chat WhatsApp yang dapat kamu baca.

Screenshot Photo Barang Yang Akan Diminta

Cara pertama kali yang harus kamu kerjakan saat sebelum pesan barang online melalui chat WA dengan melakukan screenshot atau tangkapan monitor pada photo produk yang hendak dibeli. Hasil screenshot ini bisa kamu lampirkan saat mengawali chat dengan penjual agar barang yang kamu tujuan gampang dimengerti oleh penjual. Karena ada photo produk yang tersemat, karena itu proses transaksi bisnis akan lebih gampang dan kurang kekeliruan komunikasi.

tanya


Tanya Apa Stock Masih Ada

Selanjutnya cara ke-2 yang dapat kamu kerjakan dalam beli barang online melalui chat WA ialah bertanya ke penjual apa stock barang yang kamu tujuan masih ada. Ini mempunyai tujuan supaya kamu tidak sedih saat telah bayar tetapi rupanya barang yang hendak diminta malah justru habis. Permasalahan ini kerap ditemui pada toko online besar yang punyai banyak konsumen setia hingga untuk memperoleh sebuah barang kamu harus rebutan dengan konsumen yang lain.

Tidak boleh Lupa Tanya Ongkos kirim ke Tempatmu

Bila barang yang kamu tujuan telah dimengerti penjual dan stok barangnya masih tetap ada, sekarang waktunya kamu meneruskan ke tahapan selanjutnya. Yakni bertanya besarnya biaya pengangkutan atau ongkos kirim dari tempat penjual ke rumahmu. Ini merupakan poin utama yang penting dipahami agar kamu tidak merasa terbebani bila rupanya biaya kirimnya tinggi. Janganlah lupa untuk minta referensi jasa ekspedisi yang mana biayanya termurah.

Ngomong ke Penjual "Saya Akan Membeli Ini"

Bila kamu sudah tahu dan setuju dengan biaya pengangkutan barang, sekarang waktunya mengawali transaksi bisnis jual-beli. Saat telah percaya, karena itu ngomong saja ke penjual "Kak, saya ingin order ini" atau "Kak, ini ingin saya membeli". Masukkan berapakah jumlah barang yang hendak kamu membeli apa itu 1 biji, 1 lusin, 1 seri atau jumlah yang lain. Selanjutnya janganlah lupa untuk memberi info berkaitan barang yang hendak kamu membeli entahlah itu ukuran, warna, bahan, merk dan lain-lain.

Meminta di Keseluruhan dan Bertanya Nomor Rekening

Sesudah kamu lakukan chat order sama seperti yang diulas pada point di atas, karena itu umumnya pesanan barangmu akan selekasnya diolah oleh penjual selanjutnya memberi keseluruhan harga yang perlu dibayar dan nomor rekening arah pembayaran. Nach bila penjual belum melakukan, cepatlah untuk meminta total semua belanjaan yakni itu keseluruhan harga barang dan ongkos kirimnya. Lantas tanya nomor rekening yang ada.

Transfer Uang ke Nomor Rekening Penjual

Sesudah kamu memperoleh keseluruhan harga yang perlu dibayar, karena itu cara setelah itu membayar beberapa uang itu ke rekening penjual. Bila disediakan banyak rekening, pilih bank yang ada di wilayahmu atau bank yang kamu pakai sendiri. Kamu dapat bayar lewat transfer ATM, mobile banking atau internet banking. Tentukan yang menurutmu termudah untuk dipakai. Apabila sudah, karena itu proses pesan barang online melalui chat WA nyaris usai.

Kirimkan Photo Bukti Transfer di Chat

Cara selanjutnya untuk menuntaskan pembelian barang online melalui chat WA ialah mengirim photo bukti transfer bila kamu bayar melalui transfer ATM. Atau kamu kirimkan screenshot bukti transfer bila kamu pilih bayar dengan mobile banking atau internet banking. Apabila sudah mengirim bukti transfer ke penjual, maka dilihat lebih dulu uangnya telah masuk atau memang belum. Apabila sudah masuk, karena itu barang akan dikirim.

Meminta Resi Pengangkutan Barang

Paling akhir, tuntaskan proses pesan barang online melalui chat WA dengan minta resi pengangkutan ke penjual. Umumnya proses ini tidak langsung bisa waktu itu juga. Biasanya resi pengangkutan akan kamu peroleh esok atau lusa sesudah transaksi. Tetapi untuk toko online besar yang mengirim barang secara massal, kamu perlu waktu sampai sekian hari untuk terima resi.

Tambahan: sesudah memperoleh nomor resi pengangkutan, seharusnya lakukan tracking untuk mengetahui barang telah tiba . Kerjakan tracking di web sama sesuai jasa kirim yang dipakai apa itu JNE, J&T, TIKI, Sicepat dan yang lain. Bila dalam kurun waktu lebih dari satu minggu barang belum sampai, silahkan tanya ke penjual dan kantor jasa pengangkutan yang dipakai.

Penutup

Itu tahapan-tahapan yang dapat kamu kerjakan untuk beli dan pesan barang online melalui chat WA. Dengan mendalami tata cara itu, semestinya kamu yang jarang-jarang belanja online menjadi lebih gampang saat lakukan transaksi bisnis. Ada satu perihal yang penting kamu lihat saat belanja online, yakni waspada dengan pelaku-oknum tidak bertanggung jawab yang melakukan penipuan dengan samaran toko online . Maka, pastikanlah kamu belanja online pada orang yang cocok ya.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url